10 ALASAN MENGAPA CRISTIANO RONALDO HARUS BERGABUNG DENGAN MLS

Rumor bahwa Cristiano Ronaldo dapat bermain satu hari penuh di MLS bukanlah hal yang baru, namun laporan yang mulai beredar beberapa pekan lalu memiliki unsur yang sedikit lebih menarik dibelakangnya. Agen Ronaldo, Jorge Mendes ketika ditanya oleh wartawan terkait masa depan kliennya jika hengkang dari klub Real Madrid, ia menjawab “Mungkin dia (CR7) akan pergi ke Amerika Serikat, namun Tuhan yang memutuskan”.

Kita tahu bahwa hal tersebut sangatlah jauh dari bukti konkret namun tetap saja menarik karena Mendes hanya menyebutkan Amerika dan tidak ada tujuan potensial lainnya bagi Ronaldo. Para pesepakbola anyar seperti Lampard, Gerrard, Kaka dan David Villa baru-baru ini mengambil langkah baru ke MLS yang karir sepakbolanya terus tumbuh pesat dan bisa saja CR7 akan mewakili sebuah langkah besar didalam dunia sepakbola.

Ronaldo menandatangani kontrak selama 5 tahun bersama Los Blancos pada September 2013 senilai US$ 206 juta yang berarti ia akan tetap berseragam Putih-Putih hingga musim panas 2018. Mungkin saja langkahnya ke MLS bisa terjadi.

Ronaldo memenangkan Ballon d’Or pada bulan Januari 2015, itu merupakan ketiga kalinya ia telah menerima penghargaan individu terbesar di dunia. Ia juga merupakan atlet dengan bayaran tertinggi nomor 2 di dunia pada tahun 2014, dibawah Floyd Mayweather. Ronaldo memulai karirnya di Sporting Lisbon sebelum dijemput Manchester United pada tahun 2003.

Saat berseragam MU, ia berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik di dalam dunia sepakbola. Pada tahun 2009, ia menjadi pemain termahal dalam sejarah olahraga saat bergabung ke Real Madrid dan sampai sekarang, karirnya terus meroket.

Dan inilah 10 alasan mengapa Cristiano Ronaldo harus bergabung dengan MLS pada tahun 2018, diantaranya adalah :

1. Memperluas merek sendiri

Sama seperti David Beckham, Ronaldo bukan hanya sekedar pesepakbola. Dia adalah merek dan ikon, pastinya anda suka. Merek Ronaldo dikenal sebagai ‘CR7’ yaitu pakaian, kaos kaki, kaos, sepatu bola, pakaian olahraga dan berbagai aksesoris. CR7 juga memiliki kerjasama utama dengan beberapa merk terkenal di dunia seperti Nike, Coca-Cola, Castrol, Konami, Fly Emirates, Samsung dan lain-lain.

CR7 adalah megabintang di seluruh dunia, baik didalam dan luar lapangan. Salah satu pasar yang belum sepenuhnya dikapitalisasi oleh dirinya adalah Amerika Utara. Dengan kepindahannya ke MLS maka itu akan membuka peluang besar bagi Ronaldo untuk memperluas merek di satu-satunya wilayah yang masih tersisa untuk ditaklukkan.

2. Dia sudah memenangkan gelar apapun di benua Eropa

CR7 sudah memenangkan segalanya di Eropa. Satu-satunya hal yang lebih besar daripada egonya adalah lemari pialanya. Piala Premier League, Piala FA, La Liga, Liga Champions, Copa del Rey, Piala Super, Ballon d’Or, sampai Pemain Terbaik Dunia FIFA semua pernah direbut CR7 dan piala lainnya masih akan terus berlanjut.

3. MLS mulai dikenal dunia

Pada bulan Februari, Sky Sports mengumumkan kesepakatan durasi 4 tahun untuk menyiarkan MLS di Inggris. Langkah ini menandai perluasan liga dan memberi indikasi pertama bahwa MLS bisa menarik minat penggemar dari luar Amerika Utara. Ronaldo adalah megabintang yang mampu menyihir sepakbola sehingga orang-orang di seluruh dunia akan menyukai dan menonton aksinya sehingga apabila CR7 hijrah ke MLS maka itu akan menjadi bisnis besar bahkan MLS akan terkenal di seluruh dunia.

4. Gaya hidup

Di tengah laporan kemungkinan Ronaldo akan bergabung dengan MLS, banyak penekanan yang diletakkan pada tim berpotensial yang cocok dengan dirinya. Mereka adalah New York, Los Angeles dan Miami. Hal ini tentu menunjukkan jikalau Ronaldo bertanggung jawab pada gaya hidup dan cara hidupnya, ia terus mengejar karirnya. Dalam hal ini, ketiga kota tersebut dapat bersaing satu sama lain untuk menampung megabintang yang sangat kaya dan tinggal didalam gaya hidup mewah.

5. Pemain terbaik yang pernah bermain di MLS

Bukan rahasia jikalau CR7 adalah sesosok pria dengan ego yang sangat tinggi. Dia selalu percaya diri untuk menempatkan dirinya sebagai pemain terbaik tidak hanya di liga lokal tetapi juga di dunia. Dia adalah sesosok pria yang gila pujian dan pujian tersebut akan membuatnya semakin berkembang. Jikalau dirinya hijrah ke MLS, banyak pihak yakin bahwa dirinya akan menjadi megabintang di MLS.

 border=

6. Kredibilitas MLS

MLS telah tumbuh pada tingkat yang mengesankan tetapi masih mempunyai jalan panjang untuk membuatnya lebih terkenal lagi. Liga ini tidak boleh berjalan di tempat, mereka harus terus mendorong kemajuannya. CR7 adalah orang yang tepat karena dirinya akan melakukan skala yang jauh lebih besar untuk menetapkan MLS sebagai liga kehormatan di seluruh dunia.

7. MLS akan menjadi salah satu liga terkuat pada tahun 2018

Perlu diingat bahwa Ronaldo diprediksikan akan bergerak cepat untuk mencari klub baru pada musim panas 2018. Jika kita melihat kembali pada kemajuan MLS selama 3 tahun terakhir ini, mereka tampaknya harus meningkatkan kualitas liga ini sehingga saat Ronaldo memutuskan kepindahannya, liga MLS akan menjadi lebih kuat lagi. Dengan masuknya sejumlah pemain terkenal, ini merupakan indikasi bahwa kekuatan baru telah tumbuh dalam liga MLS.

8. Menjadi contoh teladan

Orang seperti Gerrard dan Lampard adalah pemain berharga bagi MLS, namun namanya sudah tidak setenar dulu karena mereka sudah tidak berada di Liga Premier. Jose Mourinho bahkan tidak menawarkan Lampard kontrak baru di Chelsea sehingga ia hanya menghuni bangku cadangan saat hijrah ke Manchester City sementara Gerrard juga menemukan dirinya sama dengan dicadangkan saat berseragam Liverpool.

Dalam waktu 3 tahun kedepan, CR7 tidak akan menjadi pemain rotasi. Ia masih akan tetap menjadi aset besar untuk tim manapun di dunia dan ketika ia memutuskan untuk bergabung dengan MLS, itu akan menjadi contoh teladan dan mengubah etos para pemain.

9. Berpotensi untuk membeli tim sendiri

Tidak ada landasan kuat untuk memprediksi bahwa Ronaldo berniat membentuk tim MLS sendiri, namun apa yang tidak mungkin bagi dirinya? Sama seperti David Beckham, Ronaldo adalah salah satu dari beberapa pesepakbola yang mempunyai kekuatan finansial untuk mendirikan tim sendiri.

Apabila Ronaldo ingin mewujudkan impian tersebut maka ia harus menetap sepenuh waktu di AS, ini adalah cara yang tepat untuk menghabiskan hari-harinya setelah pensiun nanti. Pada tahun 2020, MLS berencana akan membentuk 24 tim. Saat ini terdapat 20 klub dimana tim Atlanta, Los Angeles dan Beckham Miami baru bergabung sehingga masih menyisakan ruang untuk yang lain.

10. Sosok yang tak tergantikan di timnas

Hal yang paling dikhawatirkan pesepakbola masa kini adalah jika mereka berniat meninggalkan salah satu liga top Eropa yakni Liga Premier, La Liga, Serie A, Bundesliga dan Ligue 1; mereka akan kehilangan posisi di bangku timnas. Jika Ronaldo bergabung dengan MLM pada musim panas 2018, ajang Piala Dunia berikutnya yang diselenggarakan di Rusia tidak akan merusak kepercayaan Portugal terhadap Ronaldo. Ronaldo selama ini tidak tergantikan posisinya di timnas Portugal. Ini tentu bukan tim yang penuh dengan kualitas; Ronaldo adalah kepala juga bagu bagi rekan setimnya.

Sampai saat ini, ia sudah mengoleksi 118 caps dan tetap menjadi pemain andalan bagi timnasnya selama bertahun-tahun. Ia merupakan salah satu dari beberapa pemain yang posisi di timnasnya hampir dipatenkan, terlepas darimana dirinya bermain sepakbola.